DRONE

Meskipun pada awalnya hanya digunakan oleh pihak militer, saat ini penggunaan drone sudah semakin meluas. Selain pihak militer, drone juga biasanya digunakan oleh badan pemerintah terutama yang ada hubungannya dengan intelijen dan pertahanan. Saat ini, drone bahkan bisa digunakan oleh masyarakat awam.
Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu drone, saat ini ada cukup banyak informasi mengenai drone yang bisa Anda temukan di internet. Salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui tentang drone adalah jenisnya. Secara garis besar, jenis drone dapat dibagi ke dalam dua kelompok utama yaitu drone militer dan drone komersial.

drone
Drone militer adalah jenis drone yang digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintah sedangkan drone komersial adalah drone yang bisa dibeli dan digunakan oleh masyarakat awam. Selain dibedakan berdasarkan penggunaannya, drone juga bisa dibedakan berdasarkan tipe serta fungsinya. Hal lain yang perlu Anda ketahui dari apa itu drone adalah drone juga hadir dalam berbagai jenis ukuran dan spesifikasi. Sebagian besar drone militer hadir dalam ukuran yang cukup besar, terutama drone yang digunakan untuk keperluan pertahanan atau drone yang dilengkapi dengan persenjataan. Beberapa jenis drone militer hadir dengan ukuran menengah.

Drone yang digunakan oleh badan pemerintah juga biasanya berukuran cukup besar. Sementara itu, drone komersial biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan drone militer. Beberapa jenis drone komersial bahkan hanya berukuran sebesar telapak tangan orang dewasa.
Spesifikasi drone juga cukup bervariasi. Beberapa jenis drone dioperasikan dengan menggunakan tenaga surya sebagai sumber tenaganya. Sementara itu, beberapa jenis drone lainnya, terutama drone komersial, dioperasikan dengan menggunakan baterai.

Fungsi drone juga merupakan detail yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu drone, terutama bagi Anda yang memutuskan untuk membeli drone. Drone militer atau drone yang digunakan oleh badan pemerintah biasanya digunakan untuk kegiatan intelijen. Drone juga bisa digunakan untuk memonitor daerah-daerah yang dianggap berbahaya. Beberapa badan pemerintah menggunakan drone untuk pemetaan lewat udara. Drone juga bisa digunakan untuk kepentingan penelitian seperti untuk memonitor arah angin.

Drone juga dapat digunakan untuk membawa berbagai barang. Beberapa tahun belakangan, drone sudah digunakan sebagai fasilitas untuk mengirim barang oleh beberapa perusahaan di Amerika Serikat. Penggunaan drone untuk mengirim barang secara tidak langsung cukup menjawab pertanyaan masyarakat tentang apa itu drone dan apa fungsi dari fasilitas yang satu ini. Karena ukuran drone yang digunakan untuk keperluan pengiriman barang relatif kecil, barang yang bisa dikirim dengan drone biasanya memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Rata-rata drone yang digunakan untuk mengirim barang biasanya mampu membawa beban hingga 500 gram sampai 1 kilogram. Selain digunakan untuk mengirim barang, drone juga sering digunakan dalam proses pembuatan film untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera dari ketinggian.

Beberapa tahun belakangan, penggunaan drone untuk mengambil gambar dari ketinggian semakin populer dengan menjamurnya trend selfie. Beberapa drone komersial yang bisa dibeli di pasaran sudah memungkinkan Anda untuk menggunakan drone tersebut untuk mengambil foto dari ketinggian.
Biasanya, drone yang digunakan untuk mengambil gambar video atau foto dari ketinggian dikendalikan dengan menggunakan remote control dan menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.

Beberapa Contoh Yang Umum Saat Ini Di Jual Di Pasaran:
1. Dji Phantom Phantom family
2. Dji Inspire family
3. Parrot drone
4. Syma drone

Bagaimana Memilih Drone Berkualitas? Ini Yang Wajib Di Ketahui
Memilih drone berkualitas adalah keharusan apabila Anda menginginkan investasi pada mainan maupun peralatan yang dapat digunakan dalam waktu jangka panjang. Tidak mengherankan apabila para pecinta atau penggelut hobi menerbangkan pesawat tak berawak rela merogoh kocek lebih dalam untuk memiliki drone favorit. Umumnya, nilai jual yang tinggi ditawarkan oleh produsen untuk perangkat yang akan digunakan secara komersial dan profesional.

Drone atau quadcopter bukan lagi teknologi robotik yang hanya dimanfaatkan dalam dunia militer. Kini, seperti halnya mobil balap, drone berbentuk helikopter atau sejenisnya menjadi bagian dari mainan orang-orang dewasa. Mereka menekuni kegiatan ini sebagai hobi. Tentunya, diperlukan pengetahuan dan keahlian khusus untuk menerbangkan drone tersebut. Itulah mengapa banyak komunitas dan wahana didirikan untuk membantu pecinta drone mengekspresikan hobi mereka.
Meskipun pilihannya semakin banyak, menentukan drone berkualitas bukan pekerjaan yang mudah.

Terlepas dari apakah Anda seorang pemula atau sudah mencapai level mahir dalam menerbangkan sebuah drone, sebaiknya tetap memperhatikan beberapa poin berikut ini saat hendak membeli:
Kualitas Kamera
Bagi pengguna drone sebagai sarana pemotretan atau jurnalistik, tentunya kamera yang dapat diandalkan menjadi prioritas utama. Selain membeli drone dengan kamera berkualitas, Anda juga bisa melakukan pemasangan kamera action sendiri pada perangkat yang nanti cukup mumpuni untuk membawanya terbang.
Lamanya Terbang
Jangka waktu rata-rata drone berkualitas untuk terbang adalah sekitar 15 menit. Dengan kisaran waktu yang tidak terlalu lama tersebut, Anda diharuskan untuk mahir dalam mengambil gambar semaksimal mungkin. Itulah mengapa dibutuhkan latihan untuk memantapkan kemampuan menjadi pilot remote.
Jarak Tempuh Selama Terbang
Drone diciptakan tidak hanya memiliki kemampuan untuk terbang, tetapi juga penambahan mengunci GPS yang memungkinkanya segera kembali lagi ke titik awal saat baterai terindikasi akan habis. Akan tetapi, hal ini juga tergantung dari kondisi lokasi. Apabila terdapat gedung-gedung tinggi di sekitar drone yang terbang, biasanya perangkat ini akan mengalami gangguan sinyal. Itulah sebabnya drone rata-ratahanya bisa terbang sejauh 500meter hingga 1 kilometer saja.
Baterai
Drone berkualitas tentunya memiliki jangka waktu terbang yang lebih lama serta waktu pengisian ulang yang singkat, sekitar 2 hingga 3 jam. Agar tidak mengganggu aktivitas penggunaan, pilot sebaiknya menyiapkan baterai cadangan sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk baterai pertama kembali terisi penuh.
Harga
Membeli sebuah drone berkualitas bukan berarti menghabiskan semua dana Anda. Namun, tentunya Anda harus mempertimbangkan kebutuhan penggunaan perangkat tersebut. Bagi pemula, umumnya drone yang dapat digunakan bisa diperoleh sekitar kurang dari 1 juta rupiah. Untuk keperluan jurnalistik yang profesional, Anda juga bisa memilih drone dengan harga 2 juta hingga 14 juta rupiah.
Perangkat drone telah menarik perhatian banyak pihak sehingga banyak produsen yang bermunculan dengan produk-produk unggulannya. Salah satu cara mendapatkan hati para pecinta pesawat nirawak ini yaitu dengan membandrol harga yang cukup ekonomis. Namun, ada baiknya Anda tetap berhati-hati dengan penawaran harga yang jauh lebih murah dari pasaran. Pasalnya, produk penggantian atau sparepartnya nanti biasanya cukup mahal.

Bagi pemula, adapula beberapa tips bagaimana menerbangkan quarcopter, yaitu:
Rentang usia sebaiknya 21 ke atas dengan pemahaman etika penggunaan dan kemampuan memahami tri-trik menerbangkan drone yang baik.
Terbangkan perangkat Anda hanya di area terbuka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti drone yang menabrak orang atau objek.
Jauhkan area terbang dari gangguan sinyal seperti router dan wifi
Pastikan semua bagian terpasang dengan benar dan fungsinya bekerja dengan baik
Selalu lakukan compass calibration bagi pilot phantom atau manfaatkan fitur auto back home dengan rekomendasi ketinggian 200 kaki agar tidak menabrak pohon atau sesuatu yang cukup tinggi

Meskipun termasuk dalam hobi yang mengasyikkan, menerbangkan sebuah drone tetap harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya keamanan, baik bagi orang-orang di sekitar area penerbangan ataupun drone itu sendiri. Tabrakan yang tidak dapat dihindari dapat mengakibatkan perangkat Anda rusak. Kemungkinan lainnya yaitu orang yang tertabrak juga akan mengalami luka. Selain itu, perhatikan pula faktor etika. Jangan sampai drone berkualitas yang memiliki fitur kamera canggih justru mengganggu privasi dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain.

Detail Penting Tentang GPS Untuk Drone
Salah satu hal yang sebaiknya Anda ketahui tentang penggunaan drone adalah fitur gps untuk drone yang biasa disertakan pada produk drone komersial yang beredar luas di pasaran saat ini. Drone adalah sejenis kendaraan udara yang tidak memiliki pilot dan dioperasikan dengan menggunakan remote control. Secara umum, drone dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu drone militer dan drone komersial. Drone militer biasanya digunakan oleh pihak militer atau badan pemerintah sementara drone komersial dijual secara bebas di pasaran dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Fungsi drone cukup bervariasi tergantung dari jenis drone tersebut. Drone militer biasanya digunakan untuk kepentingan pertahanan dan intelijen. Beberapa jenis drone militer bahkan dilengkapi dengan persenjataan yang dapat digunakan untuk menyerang daerah yang diduga diduduki oleh musuh. Selain untuk kepentingan militer, drone juga biasanya digunakan untuk pemetaan lewat udara. Hal inilah yang menyebabkan beberapa jenis drone memiliki kamera dengan fitur termal.
Drone untuk keperluan pemetaan lewat udara juga biasanya dilengkapi dengan gps untuk drone dan kamera video.

Beberapa jenis drone dapat digunakan untuk kepentingan komunikasi. Ada juga jenis drone yang digunakan untuk kepentingan penelitian seperti drone yang digunakan untuk memonitor arah hembusan angin. Drone komersial memiliki fungsi yang lebih praktis. Beberapa jenis drone komersial, terutama yang dimiliki oleh perusahaan tertentu berfungsi sebagai sarana untuk pengiriman barang. Karena ukuran drone yang relatif kecil, bobot barang yang akan dikirimkan dengan menggunakan drone tentu saja sangat terbatas. Beberapa drone digunakan oleh perusahaan media untuk mengambil gambar video atau foto dari ketinggian. Ketika sedang syuting pembuatan film atau video, terkadang perlu diambil gambar dari ketinggian. Pada saat seperti inilah drone digunakan.

Drone juga digunakan untuk pemotretan majalah atau katalog yang membutuhkan foto yang diambil dari ketinggian. Kamera yang dibawa oleh drone tentu bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Drone untuk pemotretan atau syuting komerisal juga dilengkapi dengan gps untuk drone sehingga drone dapat bergerak sesuai dengan pola yang sudah diprogramkan. Sebagian besar jenis drone komersial biasanya sudah menyertakan GPS pada saat pembelian. Namun ada juga beberapa jenis drone yang tidak menyertakan GPS pada saat pembelian. Untuk drone yang tidak menyertakan GPS pada saat pembelian, Anda tentu saja harus membeli GPS secara terpisah. GPS merupakan salah satu perangkat digital yang sudah cukup umum penggunaannya saat ini.

Ada berbagai jenis GPS yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini dengan beragam pilihan merk dan fungsi. Bagi Anda yang ingin membeli gps untuk drone, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sehingga Anda bisa mendapatkan GPS sesuai kebutuhan Anda. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tentu saja adalah jenis GPS yang akan Anda beli. Pastikan GPS yang Anda beli bersifat kompatibel atau sesuai dengan jenis drone yang Anda miliki. Selain jenis GPS, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan merk GPS yang akan Anda beli. Saat ini, merk gps untuk drone cukup bervariasi dan hadir dalam pilihan yang cukup beragam. Beberapa merk mungkin sudah cukup terkenal sementara beberapa merk lain merupakan merk baru yang belum terlalu populer.

Merk GPS biasanya akan berpengaruh pada kualitas GPS tersebut. GPS dengan merk yang sudah terkenal biasanya memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan GPS dengan merk yang kurang terkenal. Di sisi lain, merk GPS juga biasanya akan berpengaruh pada harga GPS tersebut. GPS dengan merk terkenal biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan GPS yang memiliki merk yang kurang terkenal.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan membeli GPS yang akan digunakan pada drone adalah fitur apa saja yang tersedia pada GPS tersebut. Fitur pada satu GPS bisa saja berbeda dari fitur yang terdapat pada GPS lain. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli GPS, ada baiknya Anda mengecek fitur apa saja yang terdapat pada GPS tersebut beserta fungsinya.

Terakhir, pertimbangkan harga GPS yang akan Anda beli. Usahakan untuk memilih GPS dengan harga yang paling terjangkau tanpa mengabaikan kualitas serta fitur yang dimiliki oleh GPS tersebut. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut, Anda akan bisa mendapatkan gps untuk drone yang Anda butuhkan secara lebih mudah.

GPS Pada Drone
GPS pada drone lebih berfungsi sebagai sebuah pointer yaitu pointer lokasi yang memang fungsi dari GPS itu sendiri adalah untuk menentukan lokasi kecepatan dan jarak suatu objek di permukaan bumi. Jadi sebuah drone yang sudah terpasang hardware GPS didalamnya akan bisa mengetahui di mana posisinya saat dia terbang dengan kata lain drone yang sudah terpasang GPS akan dapat ditemukan di manapun dia berada tentu saja dengan controller si pemiliknya.
Dengan GPS Drone dapat disetting untuk melalui titik titik koordinat sesuai keinginan pemiliknya. Jadi intinya Jika kamu memiliki drone yang sudah dilengkapi dengan GPS hardware dalamnya kamu dapat melakukan setting kemana drone ini akan melakukan penerbangan secara autopilot.

Semisal drone yang kamu miliki telah terkoneksi dengan iPad sebagai kontroller dan kemudian kamu melakukan setting pada aplikasi bawaan yang terinstal di iPad kemudian kamu tentukan titik-titik yang akan dilalui ketika dia terbang. Ini akan menarik ketika kamu ingin mengelilingi rumah kamu tanpa harus mengontrol joystick yang ada pada kontroller dan kamu hanya perlu menekan tombol fly dan drone akan terbang sesuai dengan titik-titik koordinat yang telah ditentukan sebelumnya.

Sinyal GPS Drone Perlu Di Perhatikan
Jika kamu memiliki drone dengan GPS di dalamnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan terbang dengan menggunakan GPS.
Sinyal harus memenuhi syarat aman ketika akan terbang hal ini menghindari hilangnya drone ketika sinyal GPS benar-benar menghilang dari perangkat. Ini sangat fatal karena drone bisa benar-benar terbang tanpa terkendali jika kehilangan sinyal GPS. Jadi harus diperhatikan sebelum melakukan penebangan menggunakan GPS drone harus memiliki cukup sinyal.

DRONE
Riset drone untuk pembuatan video dan foto udara baik siang dan malam hari untuk keperluan, seperti :
1. Survei (mining, perkebunan)
2. Pemetaan
3. Mapping
4. Pembuatan Company Profile
5. Dokumentasi project
6. Project monitoring
7. Produksi film/sinetron
8. Dukumentasi kegiatan (Outbond, konser musik, pernikahan, ulang tahun, pentas seni dll)

Phantom 3 Proffesional
Model T600
Weight (Battery Included) 2935 g
Hovering Accuracy (GPS Mode) Vertical: 0.5 m
Horizontal: 2.5 m
Max Angular Velocity Pitch: 300°/s
Yaw: 150°/s
Max Tilt Angle 35°
Max Ascent Speed 5 m/s
Max Descent Speed 4 m/s
Max Speed 22 m/s (ATTI mode, no wind)
Max Flight Altitude 4500 m
Max Wind Speed Resistance 10 m/s
Max Flight Time Approximately 18 minutes
Motor Model DJI 3510
Propeller Model DJI 1345
Indoor Hovering Enabled by default
Operating Temperature Range -10° to 40° C
Diagonal Distance 559 to 581 mm
Dimensions 438x451x301 mm
Kesalahan Fatal Dalam Mengoperasikan Drone Yang Sering Dilakukan Para Pemula
Kesalahan memang merupakan guru yang paling baik untuk membantu kita menjadi sesuatu yang lebih baik di kemudian hari. Hal ini mungkin bisa berlaku untuk banyak hal tapi anda perlu hati-hati ketika kesalahan dilakukan ketika menggunakan drone. Seperti yang kita tahu, drone merupakan banda yang mahal harganya sehingga kesalahan dalam mengoperasikannya bisa menyebabkan anda menyesal di kemudian hari. Oleh karena itu ketika anda akan mengoperasikan drone, lebih baik anda belajar dari kesalahan orang lain saja sebagai peringatan. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan pengguna drone yang sering terjadi dan dapat menyebabkan kerusakan pada drone anda.

Belajar Dengan Menggunakan Drone Yang Mahal
Jika kita masuk ke dunia pengoperasian robot tanpa awak ini kita bisa mengetahui bahwa drone ada banyak jenisnya mulai drone yang digunakan untuk hobi dan juga drone yang digunakan untuk membuat film, keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.Harga drone yang digunakan untuk membuat film tentunya lebih mahal dari drone yang digunakan untuk menjalankan hobi anda. Jika anda baru akan masuk ke dunia hobi pengoperasian drone, maka ada baiknya anda melakuan survey terlebih dahulu. Survey ini digunakan untuk mencari drone yang cocok untuk belajar. Mengoperasikan drone bisa menjadi hal yang tricky sehingga ketika anda belajar mengoperasikannya ada baiknya anda tidak menggunakan drone yang memiliki harga yang mahal seperti drone dari DJI dari seri Phantom 4.
Hal ini digunakan untuk mencegah kerugian ketika anda lepas kendali pada drone anda. Jika anda lepas kendali lalu drone anda jatuh, anda tidak akan merasa terlalu kecewa karena harganya yang memang tidak terlalu mahal.

Memilih Lokasi Dan Waktu Tebang Yang Salah
Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula adalah memilih waktu dan juga lokasi terbang yang salah. Ketika anda akan belajar menggunakan drone ada baiknya anda memilih lokasi yang bebas hambatan. Lokasi yang cocok digunakan untuk bermain drone adalah lapangan atau halaman belakang rumah.
Menerbangkan drone di lokasi yang padat dengan objek akan membuatnya lebih mudah menabrak penghalang tersebeut. Selain itu pilihlah hari dan cuaca yang tepat ketika akan menerbangkan drone anda. Drone merupakan benda yang kecil dan ringan, menerbangkannya di cuaca yang buruk dan berangin kencang akan menyebabkan anda kesulitan untuk mengendalikan drone anda. Pada angin yang kencang, drone akan mudah terbawa angin dan lebih sulit dikendalikan.

Menggunakan Trik Terlalu Cepat
Bagi anda yang ingin menjadi seorang penerbang drone yang mahir, jumlah latihan yang banyak akan membantu anda mendapatkan keahlian tersebut. Jika anda sudah pandai mengoperasikan drone dengan baik dan profesional, anda bisa menggunakan trik-trik unik untuk mengemudikan drone anda.
Tapi jika anda belum terlalu mahir sebaiknya hindari pikiran untuk menggunakan trik-trik tersebut ketika akan mengendarai drone anda. Menggunakan trik pada saat kemampuan mengemudi drone anda yang masih kurang dapat menyebabkan drone anda mengalami kecelakaan. Pelajari dahulu teknik dasar untuk menerbangkan drone, bermanuver, mengendalikan drone dengan baik pada saat terjadi perubahan orientasi dan masih banyak lagi.

Kurang Memahami Drone Yang Anda Miliki
Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka sulit untuk dikandalikan. Perkataan ini mungkin sangat cocok untuk anda yang sedang mencoba hal yang baru seperti mengendalikan drone. Setiap drone memiliki spesifikasi yang berbeda, oleh karena itu sebelum anda mengendalikannya dengan lancar anda perlu mengenal drone anda terlebih dahulu. Baik dari spesifikasinya dan juga kemampuannya. Misalnya mengenai kecepatan dari drone, waktu terbang dan masih banyak lainnya.
Mengetahui waktu terbang sebelum drone kehabisan baterai merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah kecelakaan pada drone yang anda miliki. Misalnya berapa waktu yang anda butuhkan untuk menurunkan drone dari langit ketika baterainya hanya tinggal 5%. Dalam mengendarai drone, 30 detik waktu untuk mendaratkan drone merupakan waktu yang berharga. Jika anda salah mengestimasi waktu, hal ini akan merugikan untuk anda. Jika bisa selalu sediakan waktu sekitar 5 menit sebelum waktu terbang drone habis untuk menghindari kesalahan penghitungan waktu.

Mencoba Fitur Tambahan Dari Drone
Mencoba coba fitur baru memang merupakan salah satu hal yang menarik dan menantang untuk dilakukan. Apalagi fitur fitur yang disedikakan oleh penyedia perangkat yang memang digunakan untuk menarik minat dari para pembeli. Salah satu fitur yang banyak diberikan pada produk drone saat ini adalah pengendalian dari ponsel. Banyak orang yang tertarik membeli drone karena hal ini. Padahal sesungguhnya penggunaan input seperti ini bisa menyebabkan lag gerakan dari drone yang bisa menjadi salah satu sumber masalah dalam penerbangannya. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa menggunakan fitur altitude hold yang bisa gunakan secara manual. Semoga bermanfaat :)

(20)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.