Pembacaan Meter Air, Pengolahan Rekening Air dan Laporan Keuangan

STARTUP. Untuk memberikan kemudahan pelanggan dalam melakukan pembayaran rekening pemakaian air melakukan pembayaran tagihan kapanpun dan di manapun, dengan sistem trilogy tirta series Online ini mulai efektif tahun 2009 di bidang air maka Perusahaan Daerah Air Minum dapat menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Kami namakan dan buat Sistem online payment point ini adalah dari perkembangan atas pelayanan pembayaran listrik SOPP yang lebih dulu berjalan sejak tahun 2004 silam. Kontrak kerja sama dapat direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU). Setelah kerja sama ini disepakati, maka konsumen pelanggan PDAM dapat melakukan pembayaran air ke Kantor Pos dengan pelayanan system online payment point (SOPP) Magnapam Nusantara. Untuk kerja sama ini akan sangat mempermudah masyarakat dalam membayar rekening air, selain dapat melakukan pembayaran kewajiban lainnya kepada pihak ketiga di Kantor Pos. Kerja sama pembayaran dengan sistem online ini untuk lebih mendekatkan pelanggan terhadap pelayanan PDAM karena loket-loket di setiap kantor cabang bisa terbantu dengan adanya pembayaran online. Sistem dapat diakses ke beberapa bank selain dengan kantor pos, yakni BRI, BNI 46, Bank BJB dan lainnya sesuai dengan jadwal. Dibukanya jasa pembayaran online di beberapa bank dan kantor pos, maka masyarakat bisa melakukan pembayaran tagihan kapanpun dan di manapun. Sosialisasi melalui kantor-kantor cabang PDAM di wilayah diperkan atas pelayanan SOPP, tentu hal ini tidak melepas jaminan kewajiban PDAM atas ketersediaan pelayanan air bersih kepada seluruh pelanggannya setiap harinya. Penjelasan berikut adalah sistem pada bidang air.

Pengolahan data pembacaan meter Menerapkan tiga metode pembacaan meteran air. Ketiganya harus diketahui pelanggan. Pembacaan meteran adalah kegiatan membaca indeks meteran air yang terlihat pada register atau totalister. Pembacaan tersebut diperlukan untuk menentukan besarnya tagihan pelanggan setiap bulan berdasarkan volume pemakaian airnya. pdam bangkalan1

1.Cara pertama dilakukan secara manual. Pada metode ini, petugas meteran air mendatangi pelanggan untuk mencatat jumlah pemakaian air bersih menggunakan alat yang dinamakan Portable Data Terminal (PDT). 2.Cara kedua dilakukan secara manual. Pada metode ini, petugas meteran air mendatangi pelanggan untuk mencatat jumlah pemakaian air bersih menggunakan smartphone dengan aplikasi berbasis Android.

barindo magnapam

3.Cara ketiga dilakukan secara otomatis atau Automatic Meter Reading. Pencatatan meteran air dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan peralatan sensor kinerja tinggi. Dengan begitu, petugas tidak perlu mendatangi pelanggan karena jumlah pemakaian air bersih setiap bulannya terkirim secara otomatis ke pusat layanan data.

pen

# Seiring berkembangnya inovasi aplikasi tirta series maka Saat ini update 06.2016, Petugas pembaca meter hanya menyalakan fitur yang disediakan maka radius 1km data sudah masuk ke dalam Mobile Phone genggaman Anda.

Pengolahan data rekening dan penagihannya Produk TIRTA BILLING 12.8 dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program aplikasi Penagihan Air dan Non Air untuk PDAM tepat guna yang menangani Pembayaran Rekening Pelanggan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan laporan-laporan pendukung bagi manajemen keuangan PDAM, pengolahan data transaksi serta menyajikan informasi akurat & tepat waktu. Sistem saling integrasi antar produk yaitu Tirta Billing 12.10, Tirta Webgis 12.8 (pemetaan online), Tirta WMRO (water meter reading Online), Counter Billing Online Mobile (ANDROID) dan Layanan Pembayaran rekening online (BROWSER).

Fitur monitoring dari layananpun semakin lengkap, Anda dapat menikmati fitur ini secara real time online secara Detail maupun Global pada suatu periode menggunakan akses internet.

Merupakan produk terbaik penanganan sistem komputerisasi PDAM di Indonesia didukung dengan sistem online memudahkan pelanggan dalam pelayanan pembayaran tagihannya. Dengan perangkat khusus Smartphone Android dan Printer Mobile Fleksibilitas penagihanpun dapat tercapai. Sistem pembayaran rekening dengan mudah dapat dilakukan dimana saja menjangkau para pelanggan untuk membayar lebih dekat lagi. Monitoring pembayaran pada loket-loket dapat dipantau setiap saat pada dashboard  online SOPP.

tirta billing

Pengolahan pembukuan dan pelaporan keuangan akuntansi Produk TIRTA ACCOUNTING 12.7 dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program aplikasi keuangan akuntansi untuk PDAM tepat guna yang menangani untuk menunjang aktifitas kerja dan pelaporan pembukuan dan keuangan. Program akuntansi yang telah disempurnakan sesuai dengan ketentuan Pedoman Akuntansi PDAM Depdagri Tahun 2000. Proses pengisian jurnal dan pemilihan pelaporan dalam suatu periode disajikan sangat fleksibel. Pelaporan yang dihasilkan pada sistem yaitu: Jurnal Rekening Air dan Non Air, Jurnal Daftar Voucher Hutang Yang Harus Dibayar, Jurnal Penerimaan Kas dan Bank, Jurnal Pembayaran Kas dan Bank, Jurnal Pemakaian Bahan Instalasi dan Kimia, Jurnal Umum, Jurnal Revisi, Buku Besar Harian dan Bulanan, Neraca Lajur Global dan Detail, Laporan Laporan Neraca [FLM-4.1.1], Laporan Laba Rugi Bulanan [FLM-4.1.2] dan sebagainya.

Tirta Billing 12.8

Pengolahan data persediaan umum Produk Tirta Inventory 12.8 dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program aplikasi khusus persediaan untuk PDAM. Sistem proses dan pelaporan meliputi permintaan penawaran harga, po, penerimaan barang, pembelian, pemakaian, pengiriman, opname dan sebagainya.

TIRTA INVENTORY 10.9

Pengolahan data aset Produk Tirta Assets 12.8 dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program aplikasi khusus pengolahan data aset PDAM. Pelaporan keuangan pendukung data aset tersebut meliputi tanah, bangunan operasi dan non operasi, perpipaan, elektrikal mekanika dan lain lain. Sinkronisasi update pada sistem akutansi maupun pada pemetaan sebaran aset pada teknologi peta.

gis online 2016n

Pengolahan pemetaan jaringan pada GIS manajemen air selalu kompleks dan mahal. Ini selalu sulit untuk merencanakan jaringan pasokan air baru atau secara efektif mengendalikan yang sudah ada tanpa melakukan investasi modal lebih lanjut. Namun semua situasi ini telah berakhir. Magnapam bersama forum internasional telah mengembangkan Tirta WebGis, perangkat lunak open source yang dirancang khusus untuk pasokan air dan pengelolaan air. Software ini menghubungkan solusi IT yang berbeda dan database lengkap memungkinkan Anda untuk men-setup sistem manajemen kinerja yang tinggi.

Pengolahan data neraca air Neraca air adalah bentuk audit air yang paling sederhana, di mana mengharuskan PDAM menghitung atau setidak-tidaknya menaksir dengan tepat setiap jenis distribusi/konsumsi air dan memasukkan ke dalam komponen-komponen yang sesuai. Selain itu, harus dipastikan pula volume input, yaitu volume air yang didistribusikan ke dalam sistem PDAM, baik dengan melihat pada meter induk maupun menaksir bila input tidak dipasangi meter induk. Aplikasi ini dapat membantu perhitungan volume air yang didistribusikan, data tarif, data teknis, dan sebagainya sampai analisa pelaporan tersebut. Sistem ini  mengakomodir sistem input volume, konsumsi berekening, konsumsi tak berekening, konsumsi tak resmi, ketidak akuratan meter dan penanganan data, data jaringan perpipaan, data tekanan, data pasokan terputus, informasi keuangan, Neraca air, Indikator kinerja, dilengkapi tabel dan grafik. Pengolahan data personalia Produk Tirta Personalia 12.8 dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program aplikasi pengolahan data kepegawaian PDAM. Acuan landasan pedoman DP3 untuk sistem kepegawaian meliputi kehadiran, nota dinas, penggajihan, jenjang karir, mutasi dan sebagainya. Peralatan pendukung seperti absensi dapat di integrasi kan dengan sistem ini. iklan air minum

Perjalanan pengembangan Tirta Series Perjalanan Pengembangan Tirta Series. Pada pertengahan tahun 2013 Sistem dapat di-integrasi-kan dengan SCADA (supervisory and data acquisition) yaitu Pengawasan, pengendalian dan pengumpulan data yang terdiri dari sejumlah RTU(Remote Terminal Unit), sebuah Master Station/ RCC (Region Control Center), dan jaringan telekomunikasi data antara RTU dan Master Station.[2016]

(1097)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.