Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

1.Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen :
Menurut James F. Engel – Roger D. Blackwell – Paul W. Miniard dalam Saladin (2003 : 19) terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi. Sebagai dasar utama perilaku konsumen adalah memahami pengaruh lingkungan yang membentuk atau menghambat individu dalam mengambil keputusan berkonsumsi mereka. Konsumen hidup dalam lingkungan yang kompleks, dimana perilaku keputusan mereka dipengaruhi oleh keempat faktor tersebut diatas.
Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi dan keterlibatan, pengetahuan, sikap, kepribadian, gaya hidup, dan demografi. Perbedaan individu merupkan faktor internal (interpersonal) yang menggerakkan serta mempengaruhi perilaku. Kelima faktor tersebut akan memperluas pengaruh perilaku konsumen dalam proses keputusannya.
Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku. Ketiga faktor tersebut menambah minat utama dari penelitian konsumen sebagai faktor yang turut mempengaruhi perilaku konsumen dalam penambilan keputusan pembelian.

2.Bagaimana seorang pemasar membentuk homogenitas pasar konsumen ?
Marketer membentuk homogenitas pasar konsumen
a.Segmentasi Geografis, membagi pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda-beda seperti negara, wilayah negara bagian, kabupaten, kota atau pemukiman.
b.Segmentasi Demografis, Upaya membagi pasar menjadi sejumlah kelompok berdasarkan variable-variabel seperti usia, gender, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pendapatan, pekerjaann, pendidikan, agama, ras dan kebangsaan.
c.Segmentasi Psikografis, Upaya membagi pembeli menjadi kelompok-kelompok yang berbeda berdasarkan kelas social, gaya hidup atau karakteristik kepribadian.
d.Segmentasi Perilaku, Upaya membagi suatu pasar kesejumlah kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, pengunaan atau tanggapan konsumen terhadap suatu produk.

3.Bagaimana proses segmentasi pasar bagi calon konsumen dan pendekatan atribut yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli ?
Proses segmentasi bagi calon pembeli :
a) Identifikasi basis segmentasi pasar
b) Mengumpulkan informasi pasar
c) Mengembangkan komposisi pemasaran
d) Estimasi masing-masing potensi segmen pasar
e) Analisis peluang pasar
f) Penetapan penguasaan pasar

Pendekatan atribut :
a) iklan
b) Promosi
c) Spanduk
d) Discont

4.Buat gambar siklus product, setelah itu anda menjelaskan masing-masing tahapan dan strategi siklus product tersebut!
Manajemen siklus hidup produk
Tingkat penjualan produk akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Siklus hidup produk mengacu pada tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh produk tersebut. Siklus hidup produk adalah rangkaian strategi yang diterapkan oleh manajemen dalam menghadapi siklus tersebut.

Siklus umum produk
Tahapan gambar 1. Siklus umum produk

Produk pada umumnya mempunyai kecenderungan untuk melalui lima tahapan :
1. Tahap pengembangan produk baru
· Harga sangat mahal
· Belum ada pendapatan penjualan
· Mengalami kerugian

2. Tahap pengenalan pasar
· Biaya sangat tinggi
· Harga mahal
· Volume penjualan kecil
· Mengalami kerugian

3. Tahap pertumbuhan
· Biaya mengalami penurunan seiring naiknya volume produksi
· Volume penjualan mengalami peningkatan signifikan
· Memperoleh keuntungan
· Penyesuaian harga untuk memaksimumkan market share

4. Tahap matang
· Biaya sangat rendah
· Volume penjualan mencapai titik optimal
· Mengalami penurunan harga seiring pertumbuhan jumlah pesaing
· Mengalami titik puncak pencapaian keuntungan

5. Tahap deklinasi
· Volume penjualan mengalami penurunan
· Popularitas produk menurun

5.a.Apakah pentingnya penetapan harga bagi perusahaan?
Penetapan harga menjadi perhatian khusus para pengelola perusahaan barang/jasa karena menyangkut kelangsungan usaha. Penetapan harga yang baik tentu saja akan memberikan hasil atau keuntungan yang baik tapi juga akan membuat konsumen pemakai barang/jasa akan merasa puas dan mungkin akan berpikir untuk “membeli” barang/jasa tersebut kembali

5.b.Sebutkan dan jelaskan tujuan perusahaan akan penetapan harga?
1. Untuk Mendapatkan Keuntungan
Penetapan harga biasanya memperhitungkan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Semakin besar marjin keuntungan yang ingin didapat, maka menjadi tinggi pula harga yang ditetapkan untuk konsumen. Dalam menetapkan harga sebaiknya turut memperhitungkan daya beli dan variabel lain yang dipengaruhi harga agar keuntunga yang diraih dapat maksimum.

2. Mendapatkan atau Merebut Pangsa Pasar / Market Share
Untuk dapat menarik perhatian para konsumen yang menjadi target market / target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga yang serendah mungkin. Dengan harga turun, maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market share pesaing / kompetitor.

3. Menjaga Kelangsungan Hidup Kegiatan Operasional
Perusahaan yang baik menetapkan harga dengan memperhitungkan segala kemungkinan agar tetap memiliki dana yang cukup untuk tetap menjalankan aktifitas usaha bisnis yang dijalani.

4. Balik Modal ROI / Return On Investment
Setiap usaha menginginkan tingkat pengembalian modal yang tinggi. ROI yang tinggi dapat dicapai dengan jalan menaikkan profit margin serta meningkatkan angka penjualan.

5. Menjaga Status Quo Pangsa Pasar
Apabila persaingan di dalam industri bisnis yang sama sudah cukup banyak dan kuat-kuat maka salah satu tehnik yang dapat dipakai untuk menjaga pangsa pasar konsumen adalah dengan penyesuaian harga menjadi lebih murah. Dengan adanya penurunan harga yang lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tetap setia dengan produk yang kita jual

(87)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.