Perangkat lunak

Perangkat lunak (PL) atau software adalah sebuah perangkat yang terdiri dari item-item / objek-objek yang merupakan konfigurasi dari :
Program : perintah (program komputer) yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diinginkan
Dokumen : menggambarkan operasi dan kegunaan program
Data : struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional

OUR SCRIPT ART

Karakteristik perangkat lunak :
1.Perangkat lunak merupakan suatu produk, sekaligus sarana untuk membangun suatu produk
2.Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan (engineered, not manufactures). Berbeda dengan perangkat keras (hardware), perangkat lunak dibuat dengan suatu perancangan yang kemudian setelah jadi dapat dikembangkan lebih lanjut. Biaya untuk PL dikonsentrasikan pada pengembangan.
3.Perangkat lunak tidak pernah usang (wear out) namun memburuk (deteriorate). PL tidak pernah usang karena adanya perawatan memungkinkan pengembangan perangkat lunak untuk menyesuaikan dengan kebutuhan baru. Namun sekali perangkat lunak rusak, maka tidak dapat diganti dengan perangkat lunak lain, namun harus dilakukan pembuatan ulang karena tidak ada suku cadang dalam perangkat lunak (berbeda dengan hardware).
4. Sampai saat ini kebanyakan perangkat lunak masih dibuat menurut pesanan (custom built)

Perkembangan perangkat lunak :
Tahun-Tahun Awal (1950 – 1965)
Orientasi batch -> update data pada periode tertentu
Distribusi terbatas
perangkat lunak dibuat menurut pesanan

Era Kedua (1965 – 1975)
Multiuser -> ada pembagian hak akses, contoh : manager, karyawan
Real time -> update data langsung ketika ada perubahan
Database -> karena real time
Software produk

Era Ketiga (1975 – 1989)
Sistem terdistribusi
Embedded Intelligence
Hardware biaya rendah -> kalau dulu mahal karena ukurannya sangat besar

Era Keempat (1989 – sekarang)
Sistem desktop bertenaga kuat
Teknologi berorientasi objek (Object Oriented) -> kalau ada komponen rusak, tidak perlu membeli perangkat lunak baru, cukup membeli komponen
Sistem pakar -> bertindak seperti pakar
Jaringan syaraf tiruan
Komputasi Paralel
Komputasi Jaringan

Aplikasi perangkat lunak :
Kandungan dan determinasi informasi merupakan faktor penting dalam menentukan sifat aplikasi perangkat lunak. Kandungan informasi merujuk pada arti dan bentuk informasi yang masuk dan keluar.
Determinasi informasi merujuk pada prediktabilitas urutan dan timing informasi.

System software: melayani program-program yang lain, contoh: kompiler, editor, prosesor telekomunikasi, sistem operasi, driver. Areanya ditandai dengan eratnya interaksi dengan hardware komputer, penggunaan oleh banyak user, operasi konkuren yang membutuhkan penjadwalan, tukar-menukar sumber dan pengaturan proses yang canggih serta struktur data yang kompleks dan interface eksternal yang ganda.

Real-time software: program-program yang memonitor / menganalisis / mengontrol kejadian dunia nyata ketika kejadian tersebut terjadi. Elemen-elemennya meliputi komponen pengumpul data (mengumpulkan dan memformat informasi dari lingkungan eksternal), komponen analisis (mentransformasikan informasi ketika dibutuhkan oleh aplikasi), komponen kontrol / output (memberi respon real-time).

Business software: merupakan area aplikasi perangkat lunak yang paling luas. Sistem diskrit (contoh : penggajian/payroll, account receivable, inventory) telah mengembangkan perangkat lunak SIM yang mengakses satu atau lebih database besar yang berisi informasi bisnis. Aplikasi dalam area ini menyusun kembali struktur data yang ada dengan suatu cara tertentu untuk memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen.

Engineering / scientific software: ditandai dengan algoritma numerik (number crunching). Memiliki jangkauan aplikasi mulai astronomi sampai vulkanologi, analisis otomatif sampai dinamika orbit pesawat ruang angkasa, dan biologi molekular sampai pabrik yang sudah diotomatisasi. Namun aplikasi baru dalam area teknik atau ilmu pengetahuan sedang bergerak menjauhi algoritma numerik yang konvensional.

Embedded software: ada dalam ROM, digunakan untuk mengontrol hasil serta sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri. Dapat melakukan fungsi terbatas serta fungsi esoterik (contoh : key pad control microwave yang bisa mematikan otomatis sesuai waktu) atau memberikan kemampuan kontrol dan fungsi penting (contoh : fungsi digital dalam sebuah automobil seperti kontrol bahan bakar, autopilot, penampilan dashboard, sistem rem).

PC software, contoh :pengolah kata, manajemen database, multimedia, hiburan aplikasi keuangan bisnis dan personal, dll.

AI software: menggunakan algoritma non-numerik untuk menyelesaikan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan maupun analisis secara langsung. Contoh : sistem pakar, aplikasi dengan jaringan syaraf tiruan, image dan suara, pembuktian teorema, permainan game.

Aplikasi web: aplikasi berbasis web yang mendukung kegiatan-kegiatan bisnis maupun kegiatan lain, contoh : e-commerce, search engine.

(18)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.