5 Penyebab Internet lambat

Tentu tidak ada yang suka dengan internet lambat. Semua orang tentu ingin mendapatkan koneksi internet cepat. Terutama bagi orang yang setiap harinya bekerja menggunakan internet, pastinya orang itu menginginkan bekerja dengan internet sangat lancar  dalam menjalakan pekerjaannya saat menggunakan internet. Banyak hal yang bisa menyebabkan internet lambat, salah satu penyebab internet lambat paling sering orang alami adalah karena virus. Virus pada komputer atau gadget yang kalian gunakan untuk berinternet biasanya membuat jaringan terasa lambat.  Virus juga bisa melakukan download dan upload otomatis secara tidak wajar sehingga kuota milik pengguna akan terasa sangat cepat habis. Akan Kami jelaskan 5 hal yang menyebabkan internet lambat.

Magnapam SaaS

Hardware Kurang Mendukung
Hardware yang berupa modem atau PC, tentu sangat berpengaruh dengan kecepatan jaringan. Jika modem tidak dapat menampung kecepatan tinggi, tentu modem akan mudah panas dan membuat koneksi semakin lamban dan tidak stabil. Begitu juga dengan PC, tidak mampu untuk memproses data yang diterima dari server dengan cepat, maka koneksi akan terasa lambat, walaupun sebenarnya yang lambat adalah PC yang digunakan.

Kehabisan FUP
Internet lambat terjadi karena kehabisan FUP, FUP adalah singkatan dari Fair Usage Policy. Dalam bahasa indonesia bisa diartikan dengan “batas pemakaian wajar”. Maksud dari FUP adalah kewajaran orang dalam mengakses internet. Jika paket data yaitu upload dan download melebihi FUP atau batas kewajaran akses internet maka internet yang kamu gunakan akan semakin lambat. FUP hanya terdapat pada paket internet unlimited dan di Indonesia hanya untuk pengguna operator CDMA.

Auto Update Berjalan
Auto update adalah salah satu penyebab jaringan menjadi lambat. Karena auto update akan melakukan download untuk memperbarui software yang ada pada PC secara otomatis. Auto update dapat di lihat pada program di tray icon yang terdapat dapa pojok kanan bawah. Windows update adalah aplikasi yang biasanya melakukan update dengan data yang besar. Untuk mematikan Windows auto update juga dapat dilakukan di control panel. Jika ingin memeriksa semua jaringan yang digunakan, dapat menggunakan Resource Monitor yang bisa di cari pada menu start.

Jaringan Sinyal Buruk
Untuk suatu jaringan tentu memiliki kekuatan sinyal yang dapat diakses. Jika modem tidak bisa mendapatkan signal dengan maksimal tentu internet lambat akan jadi hasilnya. Jika modem kalian tidak mendapat sinyal bagus ketika berada di ruangan, maka kamu bisa menggunakan penguat signal atau kabel USB yang bisa di beli pada toko modem. Selain itu jauhkan juga modem dari jarignan sinyal lainnya agar tidak merusak jaringan dari pada sinyal modem tersebut.

Virus
Virus juga menjadi penyebab internet menjadi lambat. Banyak macam cara kerja dari virus yang membuat internet lambat, salah satunya adalah otomatis download. Virus tersebut bisa download suatu file tidak jelas, sehingga membuat koneksi menjadi lambat. Virus tersebut bisa melakukan download terus-menerus tanpa henti. Jadi gunakanlah anti-virus internet security agar virus tersebut tidak berkelanjutan.
Dari kelima hal diatas pasti salah satunya penyebab kenapa kalian susah untuk mengakses suatu situs ketika surfing. Jika ingin melakukan pemeriksaan apakah internetmu lambat atau tidak, bisa test di XL speed test di alamat http://www.xl.co.id/speedtest.html. Di situ akan membantu kalian untuk mengetahui seberapa cepat internet yang sedang digunakan. [A7]

Istilah gangguan pada layanan internet
MDF = Main Distribution Frame
MF = Main Feeder = Kabel primer
FP = Feeder point = Cross connect point = Rumah kabel
BF = Branch feeder = Kabel sekunder
DP = Distribution point
DW = Drop wire = kabel ke pelanggan
DC = Distribution cable

Penjelasan:
* Main Feeder(MF) / Kabel Primer adalah kabel terbesar yang digunakan dalam local loop, biasanya terdiri dari 3600 pair kabel. Kabel primer keluar dari sentral menuju ke rumah kabel, biasanya dihubungkan melalui kabel bawah tanah dan terhubung dengan panel ? panel yang ada di bagian bawah rumah kabel.
* Kapasitas dari semua rumah kabel yang dikeluarkan oleh PT. Telkom sama. Untuk rumah kabel dengan satu pintu memiliki kapasitas 1200 pair sedangkan rumah kabel dengan dua pintu memiliki kapasitas 2400 pair.
* Branch Feeder(BF) / Kabel Sekunder adalah versi kecil dari kabel primer. Kabel ini lebih sedikit kapasitasnya dibandingkan
dengan kabel primer. Kabel ini menghubungkan rumah kabel yang satu dengan yang lain
* Distribution Cable adalah Kabel yang menghubungkan rumah kabel(RK) dengan kotak DP (Distribution Point)

(150)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.