Seputar Pipa PVC

magnapam pipa pvc aw

Pengertian Pipa PVC
Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan polier termoplastik urutan ketiga dalam hal jumlah pemakaian di dunia, setelah polietilena dan polipropilena. Pipa PVC pada umumnya digunakan sebagai saluran air dalam suatu proyek perumahan atau gedung atau jalan dll. Pipa PVC ini sifatnya keras, ringan, dan kuat. Karena penginstalannya mudah, maka sangatlah ideal jika digunakan untuk saluran dibawah zink dapur, kamar mandi, dll. Bahkan penggunaan pipa PVC ini dapat bekerja lebih baik daripada menggunakan pipa besi yang perlu disolder, juga tahan terhadap hampir semua alkalin atau zat beracun serta mudah dipasang.

Proses Produksi Pipa PVC
Pipa PVC diproduksi dengan cara polimerisasi monomer vinil klorida (CH2=CHCl). Karena 57% massanya adalah klor, PVC adalah polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya. Proses produksi yang dipakai pada umumnya adalah polimerisasi suspensi. Pada proses ini, monomer vinil klorida dan air diintroduksi ke reaktor polimerisasi dan inisiator polimerisasi, bersama bahan kimia tambahan untuk menginisiasi reaksi. Kandungan pada wadah reaksi terus-menerus dicampur untuk mempertahankan suspensi dan memastikan keseragaman ukuran partikel resin PVC. Reaksinya adalah eksotermik, dan membutuhkan mekanisme pendinginan untuk mempertahankan reaktor pada temperatur yang dibutuhkan. Karena volume berkontraksi selama reaksi (PVC lebih padat dari pada monomer vinil klorida), air secara kontinu ditambah ke campuran untuk mempertahankan suspensi. Ketika reaksi sudah selesai, hasilnya, cairan PVC, harus dipisahkan dari kelebihan monomer vinil klorida yang akan dipakai lagi untuk reaksi berikutnya. Lalu cairan PVC yang sudah jadi akan disentrifugasi untuk memisahkan kelebihan air. Cairan lalu dikeringkan dengan udara panas dan dihasilkan butiran PVC. Pada operasi normal, kelebihan monomer vinil klorida pada PVC hanya sebesar kurang dari 1PPM.

Proses produksi lainnya, seperti suspensi mikro dan polimerisasi emulsi, menghasilkan PVC dengan butiran yang berukuran lebih kecil, dengan sedikit perbedaan sifat dan juga perbedaan aplikasinya. Produk proses polimerisasi adalah PVC murni. Sebelum PVC menjadi produk akhir, biasanya membutuhkan konversi dengan menambahkan heat stabilizer, UV stabilizer, pelumas, plasticizer, bahan penolong proses, pengatur termal, pengisi, bahan penahan api, biosida, bahan pengembang, dan pigmen pilihan.

Kelas Pipa PVC
Pipa PVC standar SNI 06-0084-2002/ISO 4422 yang digunakan pada proyek-proyek pemerintah (PU dan PDAM) terdiri atas beberapa kelas, yaitu :
1. Pipa kelas S-6.3, yaitu pipa PVC yang memiliki ukuran 1/2″ sampai 16″. Untuk pipa ukuran 1/2″ sampai 2″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 16 bar. untuk pipa ukuran 2,5″ sampai 16″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 20 bar.
2. Pipa kelas S-8, yaitu pipa PVC yang memiliki ukuran 3/4″ sampai 20″. Untuk pipa ukuran 3/4″ sampai 2″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 12,5 bar. untuk pipa ukuran 2,5″ sampai 20″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 16 bar.
3. Pipa kelas S-10, yaitu pipa PVC yang memiliki ukuran 1″ sampai 24″. Untuk pipa ukuran 1″ sampai 2″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar. untuk pipa ukuran 2,5″ sampai 24″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 12,5 bar.
4. Pipa kelas S-12,5, yaitu pipa PVC yang memiliki ukuran 1,25″ sampai 24″. Untuk pipa ukuran 1,25″ sampai 2″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 8 bar. untuk pipa ukuran 2,5″ sampai 24″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar.
5. Pipa kelas S-16, yaitu pipa PVC yang memiliki ukuran 1,25″ sampai 24″. Untuk pipa ukuran 1,25″ sampai 2″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 6,3 bar. untuk pipa ukuran 2,5″ sampai 24″ dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 8 bar.

Pipa PVC standar JIS K6741-75 yang digunakan pada proyek-proyek gedung bertingkat, bandara dll, terdiri dari kelas VU dan VP, yaitu :
1. Pipa kelas VU yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 5 bar dan memiliki ukuran 1,5″ sampai 14″. Biasanya dipakai untuk pipa ventilasi.
2. Pipa kelas VP yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar dan memiliki ukuran 1/2″ sampai 12″. Biasanya dipakai untuk pipa instalasi air bersih, air kotor dan air bekas.

Pipa PVC di toko bahan bangunan biasanya terdiri dari kelas pipa AW, D dan C/OD, yaitu :

1. Pipa kelas AW yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 10 bar dan memiliki ukuran 1/2″ sampai 12″. Biasanya dipakai untuk instalasi pipa air bersih, instalasi air kotor dan air bekas.
2. Pipa kelas D yaitu pipa yang dirancang mampu menahan tekanan air dari dalam sampai 5 bar dan memiliki ukuran 1,25″ sampai 12″. Biasanya dipakai untuk pipa ventilasi.
3. Pipa kelas C/OD yaitu pipa yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlunya pelindung atau selubung untuk kabel listrik dan telekomunikasiatau untuk penyaluran air tanpa tekanan dan memiliki ukuran 5/8″ sampai 4″.
Pipa PVC standar Telkom STEL – I – 008 terdiri dari pipa type I, type III dan type khusus.

Keuntungan Pipa PVC
PVC memiliki banyak keuntungan, yakni:
1. Penginstalannya mudah.
2. Tahan terhadap bahan kimia
3. Sangat kuat
4. Memiliki daya tahan korosi.
5. Daya konduksi panas yang rendah
6. Biaya instalasinya rendah
7. Hampir bebas pemeliharaan (virtually free maintenance)

Pemotongan dan alat-alat sambungan (Cutting and Fitting)
PVC dapat dipotong dengan mudah. Anda dapat memotong dengan gergaji besi, tetapi penggunaan abrasive disk sangat dianjurkan untuk mendapatkan potongan yang baik dan lurus. Dan ingat, rangkaian pipa yang potongannya tidak lurus bisa menyebabkan rangkaiannya mudah terlepas.
Cobalah untuk mengukur dua kali dan potong sekali. Setelah pemotongan, bersihkan semua serutan diujung pipanya baik dari dalam maupun luar. Setelah pipa dipotong dengan ukuran yang tepat, taruhlah beserta alat2 sambungannya di permukaan lantai untuk menentukan apakah panjangnya sudah benar. Jika panjangnya sudah benar, siap untuk melanjutkan instalasi.

PVC Cleaners dan semen
Untuk menghubungkan pipa PVC satu sama lain diperlukan semen khusus yang biasa kita sebut lem PVC. Pertama, pipa harus dibersihkan sampai benar-benar bersih, lalu olesi bagian dalam alat sambungannya dengan semen, segera memasukkan pipa PVC, dan putar pipa 1/4 lingkaran untuk memastikan kalau semen sudah betul-betul menutupi pipa. Pastikan arah joinnya sudah terpasang benar.
Setelah pipa ditaruh di tempat yang telah ditentukan dan anda sudah memastikan ukuran panjang pipanya dengan tepat, pasanglah gantungan untuk menyangga pipa. Ini mengurangi beban di sendi yang mungkin dapat menyebabkan kebocoran. Ikuti standarisasi pengukuran jarak dari gantungan ke gantungan, pastikan untuk dapat di ekspansi dan kontraksi dan pastikan juga untuk melindungi pipa dari paku, screws atau bahan-bahan abrasive.

FAQ
- Apakah pipa PVC dapat didaur ulang?
+ Ya. Pipa PVC dapat dihancurkan dan dikembalikan melalui extruder proses untuk memproduksi pipa yang baru. Tapi jangan kuatir karena pipa PVC ini kuat dan tahan lama yang menyebabkan jarang sekali didaur ulang.

- Apakah PVC tahan terhadap sinar UV?
+ Salah satu kandungan yang melekat di pipa PVC adalah stabilizers yang berfungsi untuk melindungi serangan sinar UV yang ada pada sinar matahari. Mungkin beberapa perubahan warna bisa saja terjadi, ini disebabkan adanya dampak perlawanan dari sifat kandungan tersebut. Cara mengatasinya cobalah untuk mengecat pipa dengan cat latex yang tidak mengandung minyak, masalah ini sudah bisa terselesaikan.

- Apakah Pipa PVC tahan api?
+ Seperti plastik, pipa PVC akan mencair jika terkena suhu tinggi. Namun, proses itu segera berhenti ketika sumber api sudah tidak ada. Studi menunjukkan bahwa kurang dari 1% kalau pipa PVC adalah penyebab kebakaran dari semua bahan-bahan yang mudah terbakar dalam sebuah bangunan. Pipa PVC mudah dipasang. Berat yang ringan akan memudahkan tukang pipa untuk menangani. Ketika melakukan penggantian pipa saluran air di sebuah bangunan, cobalah untuk mengunakan pipa PVC.

Telah kita ketahui bersama Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan pipa yang terbuat dari Vinyl yaitu semacam plastik. Untuk Pemasangan dan penyambungan Pipa PVC dibutuhkan Accessories Pipa PVC. Accessories ini dapat terbuat dari PVC bisa juga terbuat dari material lain seperti: stainless, kuningan, galvanis dan lain-lain.

Setelah beberapa waktu yang lalu telah kita bahas Mengenai Pipa PVC, pada kesempatan ini akan kita bahas macam-macam accesories pipa PVC yang biasa digunakan dalam instalasi pipa PVC, antara lain :
1. Shock Pipa PVC
Shock Pipa PVC digunakan untuk menyambung dua bagian yang lurus dari Pipa PVC atau accessories Pipa PVC lainnya. Terdapat beberapa jenis Shock Pipa PVC yaitu :
Shock Pipa PVC Polos
Shock Pipa PVC Polos digunakan untuk menyambung dua batang pipa PVC yang ujungnya tidak ada ulir atau drat. Shock Pipa PVC Polos kedua ujungnya tidak memiliki ulir

2. shock Pipa PVC Drat Luar
Shock pipa drat luar pada kedua ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian luar.

3. shock Pipa PVC Drat Dalam
Shock pipa drat dalam pada kedua ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian dalam.

4. Shock Pipa PVC Drat Luar-Polos
Shock pipa drat Luar-Polos pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir / derat di bagian luar dan ujung lainya tanpa derat / polos.

5. shock Pipa PVC Drat Dalam-Polos
Shock pipa drat Dalam-Polos pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian dalam dan ujung lainya tanpa drat / polos.

6. shock Pipa PVC Drat Luar-Dalam
Shock pipa drat Luar-Dalam pada salah satu ujung shocknya memiliki ulir / drat di bagian dalam dan ujung lainya memiliki derat dibagian luar.

2. Elbow / Knee / L Pipa PVC
Sesuai namanya maka Knee / Elbow / L adalah shock berbentuk L yang berfungsi untuk menyambung pipa PVC dengan Pipa PVC lain atau dengan asesori di tempat yang membutuhkan belokan.

Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos
Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos kedua ujungnya tanpa drat / ulir.
Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos-Drat Dalam
Elbow / Knee / L Pipa PVC Polos-Drat Dalam pada salah satu ujung memiliki ulir / derat di bagian dalam dan ujung lainya tanpa derat / polos
Elbow / Knee / L Pipa PVC Drat Dalam
Elbow / Knee / L Pipa PVC Drat Dalam pada ke dua ujung memiliki ulir / derat di bagian dalam.
Elbow / Knee / L Pipa PVC 45 derajat

3. T Pipa PVC
T Pipa PVC digunakan untuk membuat cabang saluran pipa PVC. Seperti accessories lain pipa PVC juga terdiri dari beberapa jenis ada yang dengan drat dan juga ada yang tanpa drat seperti terlihat pada gambar berikut :

4. Dobel T Pipa PVC

5. Dop . Cap pipa PVC
Dop . Cap pipa PVC digunakan untuk menutup saluran pada ujung pipa PVC.

6. Adapter / Reducer / Transision pipa PVC
Adapter / Reducer / Transision pipa PVC digunakan untuk menyambung dua buah pipa PVC yang berbeda ukurannya.

pvc 1 fitting pvc 2 fitting

(25856)

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.