Pembacaan meter air online

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus mulai mengefektifkan pelayanan pelanggan berbasis teknologi informasi (TI). Petugas catatan meteran tidak lagi menggunakan pena dan kertas, namun cukup memotret dengan telepon seluler (ponsel), input data, proses selebihnya layanan kami akan memproses data secara otomatis.

Teknologi ini menuntut PDAM seluruh Indonesia mencari cara untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Pelayanan berbasis TI dipilih untuk menekan tingkat keluhan pelanggan. Salah satu pelayanan yang kerap kali dikeluhkan pelanggan yakni kekeliruan dalam hal penghitungan meteran air atau sambungan langganan (SL). Kepala Divisi Online IT Magnapam Nusantara, Bapak Agung, mengatakan, mulai tahun ini (2012) pihaknya akan menyediakan teknologi Global Positioning System (GPS) yang diaplikasikan di dalam ponsel bersistem Android untuk melakukan proses penghitungan meteran SL pelanggan.

Ponsel Android ini digunakan secara online dengan mengaktifkan GPS yang terkoneksi ke server yang ada di ruang khusus Magnapam Nusantara. Menurut Bapak Agung, dengan pemanfaatan TI, setiap petugas yang melakukan pencatatan penghitungan meteran dilengkapi ponsel Android dengan fitur GPS, dia akan melakukan pencatatan meteran dengan melakukan pemotretan meteran SL pelanggan.

Hasil foto meteran yang menunjukkan angka-angka tertentu dikirimkan langsung ke server beserta titik koordinat tempat petugas melakukan pemotretan meteran yang kemudian diolah oleh sistem Magnapam. “Sehingga diharapkan tingkat akurasi penghitungannya maksimal. Dengan begitu, kami dapat meminimalisasi kesalahan penghitungan biaya yang harus dibayarkan pelanggan karena hasilnya sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan dengan sistem GPS yang tercatat di server kami. Begitu hasil pemotretan dikirim ke server beserta titik koordinat letak geografis pelanggan dan petugas ketika memeriksa, maka saat itu juga estimasi biaya yang harus dibayarkan pelanggan langsung tertera di server Online PDAM. [baca: Trilogy Tirta Series]
         
Produk aplikasi Pembacaan Meter Air khusus PDAM dari Magnapam Nusantara ini adalah sebuah program APK.WMRO [Water Meter Reading Online] dengan media Smartphone Android System tepat guna yang menangani pengisian data stand meter langganan oleh petugas pencatat stand meter. Diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan laporan-laporan pendukung bagi keuangan PDAM, pengolahan data transaksi serta menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Terintegrasi dan mendukung menangani Pemetaan [GIS], Asset, Inventory, transaksi secara on-line Billing, seperti SOPP [system online payment point], PPOB [payment point online banking] AUTODEBET Process.  ISO8583.

FITUR-FITUR UTAMA
1.Koreksi Stand dan Input Stand Manual
2.Cek Status Pelanggan & Info Keluhan Pelanggan
3.Rekap Pembacaan Meter
4.Laporan periode Baca Meter Lengkap dan Dilengkapi Grafik
5.Menu Administrator untuk Penjadwalan dan Upload Foto
6.Menu Monitoring Desk dengan Grafik
7.Hubungan Langganan info
8.DMA
dll.

Cara Instal Aplikasi Android pembacaan meter air online PDAM:
1.Salin file APK ke dalam kartu memori ponsel Android (APK BACA METER) dan masukkan kartu memori tersebut ke dalam ponsel.
2.Unduh dan instal aplikasi Apps Installer di situs Android Market.
3.Setelah diinstal, aplikasi Apps Installer akan menampilkan beberapa file APK yang ada di dalam kartu memori.
4.Klik file APK yang ingin diinstal yaitu apk baca meter. Selesai.

PROSEDUR PETUGAS PEMBACA METER
A. PROSEDUR PEMBACAAN METER (DEFAULT NORMAL)
1. Petugas mendatangi lokasi pelanggan dimaksud
2. Petugas menghidupkan smartphone android, Login dan aktifkan program apk wmro
3. Petugas menginputkan data nomor SL
4. Petugas menginputkan angka stand meter akhir secara benar
5. Petugas mengambil foto water meter dengan kamera smartphone android
6. Pilih tombol simpan, sistem wmro akan memproses lebih lanjut

B. APABILA ADA HALANGAN SAAT PEMBACAAN DILAKUKAN (DEFAULT ABNORMAL)
1. Petugas mendatangi lokasi pelanggan dimaksud
2. Petugas menghidupkan smartphone android, Login dan aktifkan program apk wmro
3. Petugas menginputkan data nomor SL
4. Pilih status kondisi abnormal pembacaan pada program apk wmro
5. Petugas memberikan tanda stiker dan mengambil foto kondisi water meter
6. Pilih tombol simpan, sistem wmro akan memproses lebih lanjut

       

Proses pembacaan meter optimal, akurat, transparan, barcode reader, foto, posisi pembacaan [GPS], ketelitian 2 digit dibelakang koma, pelaporan lengkap, perawatan dan instalasi mudah. File Size: 168KB. Hubungi Petugas kami untuk Update aplikasi terbaru.

 

* Fitur layanan diatas dapat di alih fungsikan untuk pembacaan meter PLN

(5002)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.