IWWEF 2013 Sukses Dilaksanakan


Daftar Pengunjung Stand Pameran
Dukungan Kerjasama Magnapam Nusantara – IWWEF 15-17 Januari 2013 Bidakara Hall Jakarta.
Korea Water and Wasterwater Work Association (KWWA), PDAM Tirtanadi Medan, PDAM Kabupaten Nabire, PDAM Kabupaten Kupang, PDAM Kota Makassar, PDAM Kabupaten Enrekang, PDAM Kabupaten Maros, Adhya Tirta Batam-ATB, PDAM Kota Ternate, PDAM Maluku Tenggara Barat, PDAM Kota Bandung, PDAM Bangka Belitung, PDAM Kabupaten Gunung Mas, PT.Rusli Vinilon, Pemerintah Kota Serang Banten, PDAM Kota Padang, PDAM Kota Semarang, PDAM Kabupaten Indramayu, WSP WB, World Bank, PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota, PDAM Kabupaten Bukit Tinggi, PDAM Kabupaten Banjar, PT.KSB Industri, PT.AETRA Air Jakarta, PDAM Kabupaten Bandung, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kota Bogor, PT.CSB, PDAM Kota Gorontalo, PDAM Kota Surabaya, PDAM Kabupaten Bangkalan, Kementerian Pertahanan, PDAM Kabupaten BONE, PDAM Kabupaten Takalar, PDAM Kabupaten Jayapura, Kons.KMT PU, PDAM Bantaeng, PDAM Kabupaten Pematang Siantar, PDAM Kota Bengkulu, PDAM Kabupaten Halmahera Selatan, PDAM Kabupaten Maluku Tengah, PDAM Kabupaten Donggala, PDAM Kota Jambi, PDAM Kota Samarinda, PDAM Kabupaten Jambi, PT.Barindo Putra Mandiri, INKOPPAMSI, Teknik Lingkungan ITS Surabaya, Teknik Lingkungan ITB Bandung, Direktur Eksekutif PERPAMSI, PDAM Maluku Tenggara Barat, PDAM Kota Padang, PDAM Maluku Tenggara Selatan, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum BPPSPAM Kementrian PU, INDII-AUSAID, Association Consultant Indonesia DKI, PDAM Kota Kupang, PDAM Kabupaten Bitung, PDAM Kabupaten Minahasa, PDAM Kota Pangkal Pinang, PDAM Kabupaten Marabahan, PDAM Kabupaten Pinrang, PDAM Kabupaten Takalar, BPPT Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, PACIFIC JAPAN, Bupati Kabupaten Bone Boolango & berserta anggota DPRD, SHANGHAI LIANCHENG GROUP CO.LTD, PDAM Kabupaten Solok Selatan, Ranhill Water Service Sdn Bhd, Media Kota Industri, PDAM Kabupaten Yapen Waropen, HBT-HANGUK BIG TECHNOLOGY CO.LTD KOREA, PDAM Kabupaten Pasaman Barat, PDAM Kota Solok, Pemerintah Kota Serang Banten, PDAM Kabupaten Banjar Baru, PDAM Kabupaten Tanahgrogot, PDAM Kabupaten Rantau, PDAM Kabupaten Pohuwato, PDAM Kabupaten Gorontalo, PDAM Kabupaten Tidore, PDAM Kabupaten Tapin, Yayasan pendidikan Tirta Dharma YPTD.

    

“Sementara itu Komisaris Utama Magnapam Nusantara.PT yang turut hadir, Dwi. A MM di sela-sela acara pembukaan, seminar dan dukungannya terhadap ajang Pameran PDAM ditingkat Nasional & Internasional ini mengatakan menyambut baik acara tersebut dan ini dapat di jadikan sebagai momen untuk saling sharing artinya saling bertukar pengalaman, utamanya bagaimana upaya untuk melayani masyarakat akan kebutuhan air bersih dapat terlayani maksimal dengan manajemen SDM yang kompeten”. Beliau berpesan kepada segenap karyawan Magnapam untuk tetap membantu PDAM yang berkomitmen dan stakeholder untuk maju dalam upaya pencapaian target MDGs dari segi teknik-manajemen. Selama ada tekad, Allah akan berikan jalan.

Dibuka Pameran dan Forum Air Minum & Air Limbah Terbesar di Indonesia


Dibuka Pameran dan Forum Air Minum & Air Limbah Terbesar di Indonesia, 15-17 Januari
Menyongsong Millennium Development Goals (MDGs) 2015
Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) kembali meramaikan geliat dunia perairminuman dan air limbah tanah air.
Ajang bertaraf internasional ini dihadiri tak kurang dari 5.000 orang diresmikan Wapres Budiono 15 Januari. “Air merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan seluruh makhluk hidup. Begitupula dengan sanitasi, sehingga perlu dicarikan upaya untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut,” ujar Budiono.
IWWEF 2013 diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta, 15-17 Januari 2013, diselenggarakan Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) bekerja sama dengan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) dan didukung International Water Association (IWA).
IWWEF juga dihadiri beberapa menteri seperti Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Armida S. Alisyahbana, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama Ahok, mempertemukan pelaku usaha , pemerintah, pelaku usaha, perguruan tinggi, LSM dan masyarakat pemerhati lingkungan. Sinergi semua pihak tersebut diharapkan bisa memacu pengembangan air minum dan sanitasi di tanah air, terutama dalam memenuhi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 maupun target MDGs tahun 2015.
Komitmen Pemerintah Indonesia di dalam MDGs, masyarakat yang memperoleh akses terhadap fasilitas air minum yang layak pada tahun 2015 nanti sebesar 68,87 persen dan 62,41 persen penduduk memiliki akses terhadap fasilitas sanitasi dasar yang layak. Padahal pencapaian untuk air minum saat ini baru sekitar 48 persen dan sanitasi baru sekitar 51 persen.

Agenda IWWEF
IWWEF 2013, mengusung tema; “Sinergikan Semua Sumber Daya untuk Mempercepat Pencapaian MDGs Air Minum dan Sanitasi”, yakni forum (konferensi dan seminar), dan pameran produk/teknologi di bidang air minum dan air limbah. Agenda lainnya Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PERPAMSI, yang membuat event ini menjadi lebih ramai oleh insan PDAM dari seluruh Indonesia.
Konferensi IWWEF sendiri ditujukan bagi para pengambil keputusan, pembuat kebijkan, baik di pusat maupun daerah yang berkaitan dengan sektor air minum dan air limbah. Tak hanya itu, konferensi juga akan menampilkan para pembicara baik level nasional, regional maupun internasional untuk membahas persoalan multilateral dan berbagi pengalaman (sharing knowledge).
Seminar teknikal dan manajemen dipimpin para profesional di bidang air minum dan air limbah dari tingkat operator, konsultan, perencana maupun dari komunitas keilmuan dari perguruan tinggi. Seminar membahas topik-topik menarik tentang teknologi terkini, memperkenalkan produk-produk terbaru, presentasi hasil penelitian, dan menampilkan tips dan trik dalam mengatur jangkauan yang lebih luas dari permasalahan operasional.
Pameran memperlihatkan kemajuan pengembangan sektor air minum dan air limbah dewasa ini. Pameran menjadi suatu media yang efektif bagi dunia usaha untuk mempromosikan berbagai produk unggulannya. Pameran menjadi pasar yang menarik bagi siapa pun yang berminat pada sektor air minum dan air limbah. Terdapat peserta pameran seperti Wavin, Unilon, Pralon, Itron, Indopipe, Aetra, Maspion Group, MDP, CST, Risti Pratamindo, Wilo, Lautan Luas dll.
Agar air minum dan air limbah lebih membumi di kalangan pelajar, IWWEF juga menggelar lomba debat tingkat SMU seputar air dan sanitasi. Lomba debat dikoordinir oleh Fakultas Teknik Lingkungan Universitas Trisakti. Agenda menarik lainnya seperti seminar tentang pemberantasan korupsi, young water profesional, workshop pelayanan prima, lomba poster PDAM dan kegiatan menarik lainnya.

Kemajuan Bersama
PERPAMSI maupun IATPI menyadari dinamika situasi politik, ekonomi dan sosial yang senantiasa beruba-ubah, sektor air minum dan air limbah masih menghadapi banyak tantangan yang membutuhkan perhatian dari semua pihak terkait. Event IWWEF memang hanya sekedar muara, tapi tentu semua berharap nantinya bisa menggugah kesadaran para pihak untuk lebih serius membenahi air minum dan air limbah, terutama bila dikaitkan dengan sejumlah capaian dan target yang dibebankan.
IWWEF diharapkan menjadi forum yang strategis untuk membeberkan sejumlah capaian, kemajuan, teknologi terbaru, serta persoalan seputar sektor air minum dan air limbah baik di tingkat lokal, regional maupun internasional. Dengan adanya informasi yang akurat, baik disampaikan oleh para pelaku air minum dan air limbah, para pakar, LSM maupun masyarakat, diharapkan para pemangku kepentingan, terutama di daerah, lebih concern mewujudkan SPAM dan sanitasi yang lebih baik.
IWWEF diharapkan menjadi ajang pertukaran informasi dan pengalaman yang saling menguntungkan bagi kemajuan bersama. Lebih dari itu, seperti diharapkan Ketua Umum PERPAMSI Dr. Ir. H. Syaiful, D.E.A., maupun Ketua Umum IATPI, Ir. Budi Yuwono, Dipl. SE., event ini dapat menjadi ajang untuk menunjukkan keberadaan dan kemampuan dari seluruh pemain dalam industri air minum dan sanitasi baik dalam skala nasional maupun internasional, juga bisa menarik investasi.
Pelaksanaan IWWEF, yang bertaraf internasional, diharapkan juga bisa mencapai hasil yang maksimal, baik bagi PDAM, PERPAMSI, IATPI, dan tentu saja bagi masyarakat. IWWEF menjadi ajang saling bertukar pengetahuan dan teknologi air minum dan air limbah, sekaligus juga sebagai ajang sosialisasi kepada para stakeholder air minum baik di pusat maupun di daerah.(kotaindustri).

(6530)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.