Sistem Informasi Manajemen Tirta Dharma

Sistem Informasi Manajemen Tirta Dharma ini terdiri dari 3 [Trilogy] sistem yang saling integrasi dari jajaran produk aplikasi khusus PDAM.
Yaitu Tirta Billing Server, Sistem Pembayaran Online – System Online Payment Point [SOPP] dan Pembacaan Meter Air Online – Water Meter Reading Online [WMRO] - Pemetaan Online [Gis] dalam bentuk Layanan Kemitraan Sistem Online [KSO].2009.

BIDAKARA-20110119-1138

2010
Pembaharuan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, maka muncul untuk membuat suatu alat yang dapat
menyelesaikan suatu masalah di pdam. ketidak akuratan hasil pembacaan meter ari selalu menjadi masalah yang tidak
pernah tuntas dan selalu dijadikan tolak ukur yang berkaitan dengan pelayanan PDAM kepada pelanggannya. Dengan terciptanya sistem komputerisasi dan peralalatan ini, Insya Allah sudah selesai dan bermanfaat.

2011
Untuk dapat melakukan pembacaan meter air dengan handphpone online ini yang harus dimilik terlebih dahulu adalah
sistem tirta billing yang sudah memakai komputer dan aplikasi perangkat lunak interface untuk mengirim dan menerima file dari palikasi handphone dengan basis android. karena aplikasi ini akan saling integrasi melalui proses download dan upload data. Melakukan sinkronisasi data atara aplikasi tirta billing dan aplikasi pembacaan meter air online [wmro] di handphone petugas. program interface ini dibutuhkan untuk memproses generate data dsml dengan format khusus dan sudah ditentukan yang akan digunakan untuk membaca meter air, validasi data atas hasil pembacaan meter tersebut.

2012
Hasil pembacaan meter air pada aplikasi handphone akan mengupdate data dsml pada sistem tirta billing. Informasi akan kondisi meter air keadaan terakhir akan ditampilkan, jumlah kubikasi secara otomatis tercatat tanpalagi user entry. tiadak seperti yang biasa dilakukan sebelumnya, operator harus melakukan entry data angka akhir secara manual. bukti hasil dari pembacaan meter dapat dilihat secara online dengan meyakinkan tanpa keraguan berikut tanggal, jam waktu pembacaan dan posisi koordinat GPS yang telah dilakukan dirumah pelanggan tersebut. informasi pendukung secara online pada saat ini terlengkap menyediakan informasi tagihan rekening air, update data dsml, pengaduan pelanggan, pembayaran mobile online maupun m-banking dan semua utuh terintegrasi secara online yang kami namakan Trilogy Tirta Series [*]

2013
Melanjutkan hubungan dengan tirta webgis merupakan sistem yang dirancang untuk bekerja dengan data yang terefrensi secara spasial (koordinat geografi). memiliki kemampuan melakukan pengolahan data dan operasi tertentu dengan menanpilkan dan menganalisa data setiap saat. Secara umum SIG dikembangkan berdasarkan prinsip masukan data, menejemen, teknik, analisis dan representasi data.

# jumlah layer tidak terbatas sehingga dapat memilih layer tertentu atau kombinasi dari beberapa layer aktif.
Dengan aplikasi tirta webgis ini akan memotivasi perusahaan untuk meningkatkan kualitas menejemen dalam menunjang proses pengambilan keputusan. Data akan diolah menjadi informasi, pengetahuan dan inilah yang akan mejadi bahan utama meningkatkan kinerja perusahaan dalam pengambilan keputusan yang efektif.

Aplikasi tirta webgis ini dibangun sebagai penunjang dari aplikasi Tirta Billing yang sudah ada sebelumnya. data sudah terefrensi secara spasial dan akan diproses sehinggan membuat tampilan informasi yang mudah dipahami. beragam kombinasi informasi dapat ditampilkan pada aplikasi ini. parameter pada request command memberikan pilihan dalam menentukan informasi.

# tampilan data tirta billing pada tirta webgis online
jumlah masing masing dari nilai paramater selalu terupdate ditampilkan dan bergerak secara dinamis pada besaran wilayah layer yang dipilih. parameter warna, marker point akan menampilkan informasi data secara visual kondisi pelanggan guna membantu pimpinan perusahaan menetukan kebijakan yang akan diputuskan.

# informasi umur meter air pelanggan divisualisasikan dengan cepat dan mudah, interface ini akan menampilkan dan melaporkan kepada pihak yang berkaitan guna melakukan perencanaan meremajakan kembali meteran air penggantian meter air rusak dan lain sebagainya. Penggantian meter air secara rutin membutuhkan informasi pendukung ini.

# informasi kubikasi pemakaian air pelanggan secara visual sebagai analisasi distribusi aliran air dapat dilakukan. metode pewarnaan nilai objek pada tampilan program dapat mewujudkannya. begitu pula paramter segmentasi nilai pemakaian air, alur perpipaan, perpompaan, bangunan bak penampung, sumber daya listrik dan lain sebagainya Dapat dilihat informasinya. Informasi yang lebih detail akan keadaan distribusi air dengan yang sebenarnya dapat diperoleh hanya dengan menganalisa informasi ini

# informasi detail pelanggan ditampilkan secara lengkap bahkan ekspansi perusahaan menjaring pelanggan baru akan mudah mendapatkan informasi pada fitur sistem trilogy tirta series ini. Analisa jumlah biaya investasi yang akan dikeluarkan untuk membuka jaringan perpipaan baru dengan data pendukung informasi lain semakin lengkap disediakan.

Diantara fitur yang dikembangkan oleh Magnapam Nusantara dari Trilogy Tirta Series Produk yang ada dan di implementasikan di PDAM sejak 2011 yaitu Sistem saling integrasi antar produk yaitu yaitu Tirta Billing 12.7, Tirta Webgis 12.7 (pemetaan online), Tirta WMRO (water meter reading Online), Counter Billing Online Mobile (ANDROID) dan Layanan Pembayaran rekening online / Sistem Online Payment Point SOPP (BROWSER). Resmi dinamakan “Aplikasi SIM Tirta Dharma”

2014 “Sistem Informasi Manajemen Tirta Dharma”
Fitur monitoring dari layanan online semakin lengkap, Anda dapat menikmati fitur ini secara real time online secara detail maupun global pada suatu periode menggunakan akses internet. 1.monitoring status data transaksi per-loket / kasir aktif 2.monitoring status pembacaan meter pelanggan 3.monitoring posisi asset diatas peta layanan PDAM 4.kelengkapan grafik 5.informasi tagihan rekening pelanggan 6.informasi pengaduan pelanggan 7. Informasi antar bidang teknik dan manajemen 8.kegiatan survey dan lain sebagainya. Pada pertengahan tahun 2013 Sistem terintegrasi penuh dengan SCADA (supervisory and data acquisition) yaitu Pengawasan,pengontrolan dan pengumpulan data yang terdiri dari sejumlah RTU(Remote Terminal Unit), sebuah Master Station/ RCC (Region Control Center), dan jaringan telekomunikasi data antara RTU dan Master Station.

 

Counter Billing Online Mobile basis Android terlihat digambar bawah ini.

Tirta Webgis 12.7 (pemetaan online) dan integrasinya antar Sistem Informasi Manajemen SIMPDAM Server,  WMRO dan Counter Billing Online Mobile (ANDROID) dan Layanan Pembayaran Rekening Online SOPP (BROWSER). Pilihan investasi dengan KSO atau dengan pembelian Tirta Series Produk yang dipilih (8 produk sistem komputerisasi manajemen PDAM integrasi). Tampilan layanan Trilogy Tirta Series – KSO pada Tirta Webgis 12.7 seperti gambar dibawah ini:
 
(source 2011 Jumlah layanan 5000SR)

         

  
(source 2011)

SOPP Billing online khusus loket ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dimana sistem mendukung transaksi pembayaran online di loket tetap SOPP (BROWSER) maupun yang bersifat dapat berpindah-pindah (mobile). Fasilitas monitoring, dapat membantu kegiatan pemantauan pembayaran rekening dengan hanya menggunakan perangkat smartphone Android dan printer berjalan (print mobile).

 
Untuk menggunakan sistem pembayaran Online smartphone mobile ini, Anda harus mempunyai jalur internet yang mumpuni. Biaya operasional untuk transaksi pembayaran / pulsa sangat terjangkau, Anda tinggal pilih paket data saja pada provider jaringan sinyal terkuat diwilayah yang menyediakan layanan tersebut (IKK / Cabang). Untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat pelanggan air minum PDAM terutama dalam hal pembayaran tagihan rekening air minum oleh pelanggan, mengurangi antrean pembayaran rekening air, menjangkau pelanggan untuk membayar tagihan rekeningnya lebih dekat lagi dan mengoptimalkan pendapatan rekening air setiap bulannya. Mudah untuk dikerjasamakan dengan pemberi jasa layanan pembayaran rekening lainnya seperti Kantor POS , Bank Pembangunan Daerah BPD, BANK Pemerintah Daerah, Bank Swasta maupun agen penjualan lainnya. Jadi, untuk apalagi cari pembanding lainnya apabila sistem informasi manajemen Tirta Dharma PDAM ini sudah lengkap dan bermanfaat bagi pengelolaan manajemen perusahaan PDAM Anda.

        teknologi pdam(source 2010)

(28103)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.